Tentang Nikah
عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ لَنَا رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( يَا مَعْشَرَ اَلشَّبَابِ !
مَنِ اسْتَطَاعَ
مِنْكُمُ اَلْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ , فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ , وَأَحْصَنُ
لِلْفَرْجِ , وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ; فَإِنَّهُ لَهُ
وِجَاءٌ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Abdullah Ibnu Mas'ud
Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda
pada kami: "Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu
berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan
memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat
mengendalikanmu." Muttafaq Alaihi.
Hadits ini termasuk hadits yang paling sahih secara takhrij dan sanad.
Secara takhrij, karena hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan
Muslim, sedangkan secara sanad karena hadits tersebut melewati jalur yang paling
valid secara mutlak (Ashah Al Asanid), yaitu Sulaiman bin Mihran Al
A'masy dari Ibrahim An-Nakha'i dari 'Alqamah bin Qais An-Nakha'i dari Abdullah
bin Mas'ud. Silsilah sanad tersebut dinilai sebagai sanad terbaik, seperti
silsilah sanad Malik dari Nafi' dari Ibnu Umar.
Imam Bukhari dan Nasa'i juga meriwayatkan hadits yang sama dari Al-A'masy
dengan jalur yang berbeda, yaitu dari 'Ammarah bin 'Umair dari Abdurrahman bin
Yazid. Sanad tersebut sahih. Jadi, Al-A'masy memiliki dua jalur dalam riwayat
hadits ini.
Ma'syar, artinya sekelompok atau segenap orang yang memiliki sifat
tertentu, seperti segenap pemuda, segenap orang tua, segenap para nabi dan
sebagainya.
Syabab: bentuk plural (jamak) dari Syab, artinya para
pemuda.
Ba'ah, secara bahasa berarti jima' (bersenggama) kemudian
dipakai untuk menyatakan akad nikah.
Wija', artinya tameng. Orang yang berpuasa seolah-olah
memiliki tameng yang dapat melindungi dirinya
Hadits di atas mengandung hukum-hukum yang sangat penting berkaitan
dengan masalah sosial, di antaranya yaitu:
1.
Anjuran dan motivasi yang sangat kuat untuk menikah
Secara lahir, hadits tersebut menunjukkan wajibnya menikah bagi yang
telah mampu. Tentunya yang dimaksud mampu di sini sesuai dengan pengertian yang
telah kita bahas di depan. Pendapat inilah yang diambil oleh para ulama dari
kalangan Zhahiriyah (3) dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad (4).
Sedangkan mayoritas (jumhur) ulama dan riwayat yang masyhur dalam
mazhab Imam Ahmad mengatakan bahwa hukum menikah bagi yang telah mampu dalah
sunnah, bukan wajib. Tentu saja dengan syarat ia mampu menahan dirinya dari
perbuatan dosa (seperti zina, onani, masturbasi, dsb). Jika tidak, maka hukum
menikah menjadi wajib baginya menurut kesepakatan seluruh ulama.
Para
ulama menjawab dalil Zhahiriyah dengan sabda Rasul, "Barangsiapa belum mampu,
hendaklah ia berpuasa". Jika berpuasa disunnahkan, maka menikah pun demikian,
karena puasa adalah sebagai ganti dari menikah (5).
2.
Hukum menikah bagi setiap orang berbeda-beda sesuai kondisinya
Berikut ini rinciannya:
-
Wajib, bagi yang khawatir terjerumus ke dalam perbuatan dosa, sementara ia mampu menikah.
-
Haram, bagi yang belum mampu berjima' dan membahayakan kondisi pasangannya jika menikah.
-
Makruh, bagi yang belum membutuhkannya dan khawatir jika menikah justru menjadikan kewajibannya terbengkalai.
-
Sunnah, bagi yang memenuhi kriteria dalam hadits di atas sedangkan ia masih mampu menjaga kesucian dirinya.
- Mubah, bagi yang tidak memiliki pendorong maupun penghalang apapun untuk menikah (6). Ia menikah bukan karena ingin mengamalkan sunnah melainkan memenuhi kebutuhan bilogisnya semata, sementara ia tidak khawatir terjerumus dalam kemaksiatan.
- Akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa poin terakhir ini hukumnya sunnah sebagaimana sebagian ulama mengambil pendapat ini berdasarkan hadits-hadits yang berisi anjuran untuk menikah secara mutlak.Qodhi Iyadh berkata: hukum menikah adalah sunnah bagi yang ingin menghasilkan keturunan meskipun ia tidak memiliki kecenderungan untuk berjima', berdasarkan hadits "Sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian (umatku)" dan juga hadits-hadits yang secara lahir berisi anjuran untuk menikah.Hadits-hadits yang berisi anjuran untuk menikah ini sangatlah banyak sehingga semakin menguatkan perintah ditekankannya menikah bagi yang telah mampu meskipun ia masih dapat menjaga kesucian dirinya (7).3. Menikah merupakan solusi yang tepat dalam mencegah tersebarnya penyakit masyarakat, yaitu perzinahan, pemerkosaan, seks bebas dan lain sebagainya.4. Hadits tersebut juga menjadi renungan bagi para pemerhati masalah sosial agar memberikan perhatian yang serius kepada para pemuda, kerena mereka merupakan tulang punggung peradaban umat. Jika para pemuda di suatu komunitas baik, maka baiklah urusan mereka. Wallahu A'lamu Bishowab.
Komentar
Posting Komentar